Selasa, 29 Maret 2011

perbedaan makna pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga

Dunia anak-anak adalah dunia yang segar, baru, dan senantiasa indah, dipenuhi keajaiban dan keriangan. Demikian Rachel Carson dalam sebuah ungkapannya. Namun demikian, menurut Carson, adalah kemalangan bagi kebanyakan kita bahwa dunia yang cemerlang itu terenggut muram dan bahkan hilang sebelum kita dewasa.
Dunia anak-anak memang menakjubkan, mengandung aneka ragam pengalaman yang mencengangkan, dilengkapi berbagai kesempatan untuk memperoleh pembinaan . Bila guru masuk ke dalam dunia itu, ia dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan pengetahuannya, mengasah kepekaan rasa hatinya serta memperkaya keterampilannya.
Bermain adalah dunia anak. Sambil bermain mereka belajar. Dalam hal belajar, anak-anak adalah ahlinya. Segala macam dipelajarinya, dari menggerakkan anggota tubuhnya hingga mengenali berbagai benda di lingkungan sekitarn
5.Perbedaan Makna Pendidikan Jasmani Dan Pendidikan Olahraga
Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh guru-guru penjas belakangan ini adalah : “Apakah pendidikan jasmani?” Pertanyaan yang cukup aneh ini justru dikemukakan oleh yang paling berhak menjawab pertanyaan tersebut.
Hal tersebut mungkin terjadi karena pada waktu sebelumnya guru itu merasa dirinya bukan sebagai guru penjas, melainkan guru pendidikan olahraga. Perubahan pandangan itu terjadi menyusul perubahan nama mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, dari mata pelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan (orkes) dalam kurikulum 1984, menjadi pelajaran “pendidikan jasmani dan kesehatan” (penjaskes) dalam kurikulum1994.
Perubahan nama tersebut tidak dilengkapi dengan sumber belajar yang menjelaskan makna dan tujuan kedua istilah tersebut. Akibatnya sebagian besar guru menganggap bahwa perubahan nama itu tidak memiliki perbedaan, dan pelaksanaannya dianggap sama. Padahal muatan filosofis dari kedua istilah di atas sungguh berbeda, sehingga tujuannya pun berbeda pula. Pertanyaannya, apa bedanya pendidikan olahraga dengan pendidikan jasmani ?
Pendidikan jasmani berarti program pendidikan lewat gerak atau permainan dan olahraga. Di dalamnya terkandung arti bahwa gerakan, permainan, atau cabang olahraga tertentu yang dipilih hanyalah alat untuk mendidik. Mendidik apa ? Paling tidak fokusnya pada keterampilan anak. Hal ini dapat berupa keterampilan fisik dan motorik, keterampilan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah, dan bisa juga keterampilan emosional dan sosial.
Karena itu, seluruh adegan pembelajaran dalam mempelajari gerak dan olahraga tadi lebih penting dari pada hasilnya. Dengan demikian, bagaimana guru memilih metode, melibatkan anak, berinteraksi dengan murid serta merangsang interaksi murid dengan murid lainnya, harus menjadi pertimbangan utama

Ruang lingkup Pendidikan Jasmani

1.Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5.Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6.Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7.Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.

Tujuan Pendidikan jasmani

1.Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

Pendidikan jasmani

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak
Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional2. Tujuan Pendidikan Jasmani
1.Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

Cara buat Arsip pull-down di Blogspot

(1) Login ke blogger.com dg id Anda
(2) Klik Template
(3) Di bagian sidebar blog Anda bagian archives, ada kode html sbb:

<$BlogArchiveName$>

(4) Nah, ganti kode di atas dg kode html di bawah ini:

(5) Apabila selesai, klik SAVE CHANGES. Bila sudah DONE, klik REPUBLISH.
(6) Selesai.

cara membuat counter pengunjung blog

1. Buka aplikasi browser seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, opera dan lain-lain
2. Di address bar ketik http://www.freebloghitcounter.com/ lalu enter ingat bukan entar
3. Lalu klik tombol (ada paling bawah)

4. Masukkan alamat web atau blog anda pada kotak isian

5. Tentukan jumlah / perhitungan awal dari untuk mulai menghitung

6. Tentukan pilihan untuk menghitung jumlah pengunjung,All hit untuk menghitung setiap pengunjung kalau Unique Visitors ini akan dihitung menghitung jumlah pengunjung yang unik atau berbeda.

7. Pilih jenis untuk tampilan penghitung pengunjung

8. Klik tombol Get My Code untuk mendapat kan kede/skrip

9. Copy kan code yang diberikan ke widget dimana kita akan menyimpan penghitung tersebut.
Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post Pada Blog



1. Login ke Blogger.

2. Klik Tata Letak.

3. Klik tab Edit HTML.

4. Kemudian klik Expand Template Widgets .

5. Cari kode yang seperti ini :


atau jika bingung tekan Ctrl + F kemudian ketikkan kode berikut :



6. Jika anda sudah menggunakan read more pada template anda, maka akan terdapat 2 kode .

7. Kemudian letakkan script berikut ini setelah kode yang pertama.


Artikel Terkait







8. Kemudian Simpan Template.

cara membuat counter pengunjung blog

1. Buka aplikasi browser seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, opera dan lain-lain
2. Di address bar ketik http://www.freebloghitcounter.com/ lalu enter ingat bukan entar
3. Lalu klik tombol (ada paling bawah)

4. Masukkan alamat web atau blog anda pada kotak isian

5. Tentukan jumlah / perhitungan awal dari untuk mulai menghitung

6. Tentukan pilihan untuk menghitung jumlah pengunjung,All hit untuk menghitung setiap pengunjung kalau Unique Visitors ini akan dihitung menghitung jumlah pengunjung yang unik atau berbeda.

7. Pilih jenis untuk tampilan penghitung pengunjung

8. Klik tombol Get My Code untuk mendapat kan kede/skrip

9. Copy kan code yang diberikan ke widget dimana kita akan menyimpan penghitung tersebut.
Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post Pada Blog



1. Login ke Blogger.

2. Klik Tata Letak.

3. Klik tab Edit HTML.

4. Kemudian klik Expand Template Widgets .

5. Cari kode yang seperti ini :


atau jika bingung tekan Ctrl + F kemudian ketikkan kode berikut :



6. Jika anda sudah menggunakan read more pada template anda, maka akan terdapat 2 kode .

7. Kemudian letakkan script berikut ini setelah kode yang pertama.


Artikel Terkait







8. Kemudian Simpan Template.

cara membuat counter pengunjung blog

1. Buka aplikasi browser seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, opera dan lain-lain
2. Di address bar ketik http://www.freebloghitcounter.com/ lalu enter ingat bukan entar
3. Lalu klik tombol (ada paling bawah)

4. Masukkan alamat web atau blog anda pada kotak isian

5. Tentukan jumlah / perhitungan awal dari untuk mulai menghitung

6. Tentukan pilihan untuk menghitung jumlah pengunjung,All hit untuk menghitung setiap pengunjung kalau Unique Visitors ini akan dihitung menghitung jumlah pengunjung yang unik atau berbeda.

7. Pilih jenis untuk tampilan penghitung pengunjung

8. Klik tombol Get My Code untuk mendapat kan kede/skrip

9. Copy kan code yang diberikan ke widget dimana kita akan menyimpan penghitung tersebut.
Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post Pada Blog



1. Login ke Blogger.

2. Klik Tata Letak.

3. Klik tab Edit HTML.

4. Kemudian klik Expand Template Widgets .

5. Cari kode yang seperti ini :


atau jika bingung tekan Ctrl + F kemudian ketikkan kode berikut :



6. Jika anda sudah menggunakan read more pada template anda, maka akan terdapat 2 kode .

7. Kemudian letakkan script berikut ini setelah kode yang pertama.


Artikel Terkait







8. Kemudian Simpan Template.

berbagai aplikasi pengolah angka

Saat ini ada berbagai jenis aplikasi pengolah angka yang banyak digunakan dengan variasi kemampuan dan fitur –fitur yang dimiliki, system operasi yang digunakan, dan harga jual yang ditawarkan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa aplikasi pengolahangka yang umum digunakan, kelebihan dan kekurangannya.

1. KSpread
KSpread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open source berarti kita dapat mendownload aplikasi secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas. Multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai system operasi, baik itu windows, Linux, maupun system operasi lainnya. KSpread dikeluarkan bersama-sama dengan paket KOffice lainnya. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari internet dengan alamat URL www.koffice.org.

Kelebihan KSpread yaitu :
• Tampilannya yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.
• Dilengkapi dengan berbagai kemampuan dan fitur-fitur yang dibutuhkan dari sebuah aplikasi pengolah angka.
• Dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan banyak table dan lembaran kerja dalam satu dokumen.
• Mempunyai banyak format grafik.
• Dilengkapi dengan lebih dari 100 fungsi untuk melakukan operasi perhitungan.
• Mempunyai kemampuan untuk mengurutkan data.

2. StarOffice calc
StarOffice calk merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Mycrosystem. StarOffice calk bersifat multiplatform dan dikeluarkan bersama-sama dengan paket StarOffice lainnya. StarOffice calk didesain dengan memperkirakan intuisi dari penggunanya sehingga orang yang tidak terbiasa menggunakan aplikasi pengolah angka tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan StarOffice calc yaitu :
• Kemampuannya untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja dan membantu penggunaknya untuk membuat grafik dari data tersebut sehingga lebih mudah dikomunikasikan dengan orang lain.
• Dapat mengkonversi file yang dihasilkannya menjadi dokumen Microsoft excel.

3. OpenOffice Calc.
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat opensource. Selain gratis, kelebihan lain dari aplikasi OpenOffice Calc adalah dapat dijalankan di berbagai platform system operasi seperti windows, linux, solaris, dan Mac OS. OpenOffice Calc didistribusikan bersama-sama dengan paket OpenOffice yang lain. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari www.openoffice.org.

OpenOffice Calc memiliki tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar dan didesain untuk mudah digunakan.

4. GNOME Office – Gnumeric
GNOME Office – Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. GNOME Office – Gnumeric bersifat open source sehingga dapat didownload dan digunakan secara bebas.

Kelabihan GNOME Office – Gnumeric :
• Memiliki tampilan yang user friendly dimana jendela GNOME Office – Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.
• Dilengkapi dengan Help untuk mencari bantuan.
GNOME Office – Gnumeric merupakan aplikasi pengolah angka berkualitas tinggi yang dikembangkan dalam proyek GNOME Office. GNOME Office – Gnumeric didesain untuk menggantikan aplikasi pengolah angka komersial yang ada pada saat ini. Karena itu GNOME Office – Gnumeric dilengkapi dengan hamper semua kemampuan dan fitur-fitur yang diharapkan dari sebuah aplikasi pengolah angka.

5. Abacus
Pengolah angka yang tidak kalah bagusnya adalah Abacus. Abacus menjadi pelopor bagi kemunculan pengolah angka yang lain.
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Nama abacus diambil dari alat perhitungan kuno yang digunakan pada zaman Yunani kuno dan Romawi kuno dan juga masih digunakan sampai saat ini di china. Awalnya, abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal, di bawah bimbingan Prof. Arlindo Olivera.
Abacus memiliki tampilan yang dilengkapi menu-menu, tombol-tombol toolbar, dan scroll bar yang membuat Abacys mudah untuk digunakan. Abacus juga dilengkapi dengan kemampuan dan fitur-fitur standar dari sebuah aplikasi pengolah angka.

6. XESS
XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – www.ais.com) dan dapat dijalankan di computer dengan system operasi UNIX, Linux, Open VMS, dan Windows. XESS dikeluarkan dalam dua versi, yaitu versi enterprise dan versi Lite. Versi Enterprise dibuat untuk pengguna di tingkat perusahaan sedangkan versi Lite ditujukan untuk pengguna perorangan.

Untuk penggunaan di tingkat enterprise, XESS dikeluarkan dengan tiga macam pilihan yakni XESS yang dilengkapi fungsi-fungsi standard an kompetebel dengan Lotus dan Excel, XESSPlus yang dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Macro Add-Ins, dan XESSSDK yang dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan pemrograman.
Kelamahan yang dimiliki XESS adalah harganya yang sangat mahal.
XESS dengan fungsi standar dijual dengan harga $495 dan XESSPlus dijual dengan harga $595. Bandingkan dengan Microsoft Excel yang dijual dengan harga $229.


7. Lotus 1-2-3
Lotus 1-2-3 merupakan pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM, dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainnya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.
Aplikasi yang termasuk dalam paket Lotus SmartSuite adalah :
- Lotus Word Pro
- Lotus 1-2-3
- Lotus Freelance Graphics
- Lotus Approach
- Lotus Organizer
- Lotus FastSite, dan
- Lotus SmartCenter.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dijalankan di computer berbasis windows.
Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi yang paling tua.

8. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corp., perusahaan perangkat lunak terbesar di jagat ini. Microsoft Excel hanya dapat dijalankan di system operasi windows dan tidak pada system operasi lain. Microsoft Excel dijual satu paket dengan aplikasi Office lainnya dari Microsoft dan memiliki fitur-fitur yang user friendly. Jendela excel juga dilengkapi dengan Task Pane yang memungkinkan pengguna mencari bantuan dari Help Excel maupun bantuan secara online. Karena itu Microsoft Excel banyak digunakan.

sistem operasi dan bios

SO (Sistem Operasi)

Sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna

Jenis-Jenis SO

1.DOS

2.Unix

3.Windows : 3.0, 95, 98, 2000 Server, me (milenium Edition) ,XP, dll

4.Linux: Fedora, Redhat, Suse, Ubuntu, dll

Dalam satu komputer bisa menggunakan satu atau lebih sistem operasi.

Bios dengan SO

-Persamaan: sama-sama mengatur dan mengendalikan perangkat keras.

-Perbedaannya:

•Bios, bekerja pada saat booting

•SO, bekerja setelah proses booting

Bios

• BIOS --> Basic Input Output System

• System BIOS dimiliki oleh motherboard modern

• Software kecil yang diisikan pada sebuah chip untuk mengatur dan mengkonfigurasikan sistem.

Tugas BIOS pada Motherboard

1. Deteksi & konfigurasi media penyimpanan standar (hardisk dll)

2. Melakukan Power On Self Test (POST) è deteksi perangkat vital sudah terpasang dengan benar

3. Mendeteksi dan menentukan letak sistem operasi (SO).

4. Mengatur Waktu

5. Mendekteksi dan mengatur port yang terpasang pada motherboard

6. Mendeteksi dan melakukan pengaturan frekuensi kerja pada prosesor

7. Proteksi untuk keamanan PC

Chip CMOS

• BIOS dibantu oleh baterai CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) dan memori CMOS

• Chip CMOS bertugas menyimpan semua pengaturan yang dilakukan oleh pengguna

Baterai CMOS

• Baterai CMOS berfungsi untuk memberikan suplay listrik pada chip CMOS secara terus menerus

• Jika baterai CMOS mati maka konfigurasi BIOS kembali ke seting semula

Pesan Kesalahan

• Menampilkan beep code (suara)

• Menampilkan kesalahan post ke layar monitor

• Menampilkan simbul bilangan heksadesimal ke layar monitor

Perusahan BIOS Terkenal

• AMI (American Megatrend Inc)

• Phoinix-Award

• ASUS

• Albatron, dll
You might also like:
Karate with friends
membuat readmore otomatis
kentut
LinkWithin

panduan membuat blog

1. Apa itu Blog ?
Blog merupakan sigkatan dari “Web log” adalah salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.
Awalnya, blog dibuat adalah sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi tutorial ( contoh blog ini ), curhat, bisnis dan lain sebagainya. Secara umum, blog tidak ada bedanya dengan situs yang ada di internet.


Flatform blog atau seringkali disebut juga dengan mesin blog dibuat sedemikian rupa oleh para designer blog agar mudah untuk digunakan. Dulu, untuk membuat aplikasi web diperlukan pengetahuan tentang pemrograman HTML, PHP, CSS dan lain sebagainya, dengan blog semuanya menjadi mudah semudah menyebut angka 1 2 3.

2. Cara membuat blog di blogspot
Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah blogspot atau blogger, dimana ketika mendaptar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : contohsaja.blogspot.com
Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contohsaja.blogspot.com di ubah menjadi contohsaja.com,sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.
Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com
Untuk mengurangi hal yang tidak perlu di tulis, berikut cara membuat blogger di blogger.com

Membuat Email
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya.

Daftar Blog di blogger

1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger). login blogger
3. Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA. ciptakan blog anda
4. Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN. nama-blog
5. Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN. pilih template di blogger
6. Akan ada tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING. mulai blogging
7. Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik. terbitkan entri
8. Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda. Berikut contoh tampilan blog yang tadi di buat. tampilan-blog
9. Selesai.

Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja. Untuk pembahasan lebih dalam tentang bagaimana blogging dengan blogger, akan di bahas pada posting berikutnya.

Reports are used for many purposes. They are to provide information about natural and non-natural phenomena, to document, to organize and store factual information on a topic, to classify and describe the phenomena about a whole class of things –living and non living, to describe the way things are. Reports can be used in textbooks, encyclopedias, scientific magazines, historical texts, factual reading books, reference books, classroom lesson, environment program, TV documentaries, magazines etc. a report text has its own generic structure. It has two components namely (1) general classification, (2) description.

Reports are principally not the same as descriptions although they can be used interchangeable.

A.Generic Structure of Report:

1.General Classification : tells what the phenomenon under discussion is
2.Descriptions : tells what the phenomenon under discussion is like in terms of: Parts (and their function), Qualities and Habits or behaviour

Notes:

1. Difference between reports and descriptions: Repots classify and describe a whole class of things e.g. “Houses”. By contrast, descriptive texts talk about on specific person, place or thing e.g. “My houses”. In short, reports deal with general classification and description of a thing while descriptions describe a particular thing.

2. The description can cover the facts about various aspects of the object (colour, shape, habits, behaviour etc), giving examples, comparing and contrasting, describing components and their functions.

B. Generic Features of Report

1. Report texts usually used Simple Present Tense, and seldom use past tenses (if the thing is extinct)
2. The language is neutral or should be objective: no expression of opinions, no reference to the reader (not using “I”, “we” or “you”).
3. Frequent use of “Passive Sentence”.
4. Use of “be”: is, am, are, was, were for the classification.
5. Use of verb “have”: have, has, had, in order to give detail description.
6. Use of action verbs related to the topic, especially when describing behaviours.
7. Use of adjectives in describing especially the qualities.
8. Often accompanied by photos, diagrams, maps and illustrations.


Now read this text of Report!

What is Apiculture?


General Classification

Apiculture is also called a bee-farming, the cultivation of bees on a commercial scale for the production of honey. Royal jelly and bee pollen are the other products of it. There are many species of bee. Some of them are Apis Cerana, Apis Dorsata, Apis florae and Apis Malifera. Among those species, Apis Malifera is the most productive and the easiest to be cultivated.

Description

A bee colony consists of one queen, a lot of worker bees and some drones, stingless male bees in a colony of social bees (especially honeybees) whose sole function is to mate with the queen. Each group has its specific duty. The queen, for example, only lays eggs, the drones have duty to copulate the queen, and the workers have to take care of the queen, drones and larvae. They are also responsible for seeking flowers and nectar.


Description

To obtain good production, the farmers have to be able to provide the most productive flowers nearby the cultivation or they have to travel through forests, bushes, and plantations to find them. The best flowers can produce ample material for bee products. Many people like to consume honey because it is believed to give benefit for health, The Holy Koran says that the bee stomach produces some liquid that is very beneficial for human health.


Read this report text!
Volcanoes
General Classification

A volcano is a mountain which is formed by the eruption of material from the earth’s interior through a central opening or groups of openings. Volcanoes are scattered over the world. Volcanoes can be divided into three categories based on volcano forms and type of volcanic activities. They are Shield, Composite and Explosion volcanoes

Description

A shield volcano is formed chiefly of layers of basalt (a dark, heavy lava). A few shield volcanoes are composed of andesite ( a related, less dense type of lava).

Description

A composite volcano has more frequent and violent explosive eruptions than shield volcanoes do. Lava may be extruded from either central crater or fissures on a volcano’s sides.

Description

Explosion volcanoes are composed of inclined layers of pyroclastic debris and contain no lava. During the eruption, debris is ejected from the crater. Most explosion volcanoes are formed during one period of eruption


To make it clear, please remember the concept of Report text below!
REPORT

Social Function:

To describe the way things are, with reference to a range of natural, man-made and social phenomena in our environment.

Schematic Structure:

General statement/ classification: introduces the topic of the reports
Description : provide details of topic such as physical appearance, behaviour, landform and uses (typically organized in paragraph)


Notes:
1. Simple Present Tense is mostly used in the report text either in active sentences or in passive sentences.
2.The use of Relational process, such as: is, consist of, function as, derive from, to be classified into, to be identified as etc.
3.The use of special nouns that denotes the characteristics of the thing such as: features, forms, functions, species etc.
4.The use of special technical terms such as: the parts of the body (e.g: brain, vein, vascular), the parts of the tree (e.g: stem, root, leaf, branch), the parts of machine (e.g: gear, screw, bolt etc).
5.No temporal sequences are used. If there is (e.g: first, second, third, the last etc). it only indicates numbering not an event.

Sources:
Cahyono, Kristiawan Dwi and Eka Purnama.2006. Communicative Competence 2B: A course in Acquiring English Communicative Competence, For Senior High School Level, Grade XI Semester 2. Jombang: CV Karunia Agung

Sudarwati and Eudia Grace.2007. Look Ahead: An English Course for Senior High School Students Year XI, Science and Social Study Program. Jakarta: Erlangga

Reports are used for many purposes. They are to provide information about natural and non-natural phenomena, to document, to organize and store factual information on a topic, to classify and describe the phenomena about a whole class of things –living and non living, to describe the way things are. Reports can be used in textbooks, encyclopedias, scientific magazines, historical texts, factual reading books, reference books, classroom lesson, environment program, TV documentaries, magazines etc. a report text has its own generic structure. It has two components namely (1) general classification, (2) description.

Reports are principally not the same as descriptions although they can be used interchangeable.

A.Generic Structure of Report:

1.General Classification : tells what the phenomenon under discussion is
2.Descriptions : tells what the phenomenon under discussion is like in terms of: Parts (and their function), Qualities and Habits or behaviour

Notes:

1. Difference between reports and descriptions: Repots classify and describe a whole class of things e.g. “Houses”. By contrast, descriptive texts talk about on specific person, place or thing e.g. “My houses”. In short, reports deal with general classification and description of a thing while descriptions describe a particular thing.

2. The description can cover the facts about various aspects of the object (colour, shape, habits, behaviour etc), giving examples, comparing and contrasting, describing components and their functions.

B. Generic Features of Report

1. Report texts usually used Simple Present Tense, and seldom use past tenses (if the thing is extinct)
2. The language is neutral or should be objective: no expression of opinions, no reference to the reader (not using “I”, “we” or “you”).
3. Frequent use of “Passive Sentence”.
4. Use of “be”: is, am, are, was, were for the classification.
5. Use of verb “have”: have, has, had, in order to give detail description.
6. Use of action verbs related to the topic, especially when describing behaviours.
7. Use of adjectives in describing especially the qualities.
8. Often accompanied by photos, diagrams, maps and illustrations.


Now read this text of Report!

What is Apiculture?


General Classification

Apiculture is also called a bee-farming, the cultivation of bees on a commercial scale for the production of honey. Royal jelly and bee pollen are the other products of it. There are many species of bee. Some of them are Apis Cerana, Apis Dorsata, Apis florae and Apis Malifera. Among those species, Apis Malifera is the most productive and the easiest to be cultivated.

Description

A bee colony consists of one queen, a lot of worker bees and some drones, stingless male bees in a colony of social bees (especially honeybees) whose sole function is to mate with the queen. Each group has its specific duty. The queen, for example, only lays eggs, the drones have duty to copulate the queen, and the workers have to take care of the queen, drones and larvae. They are also responsible for seeking flowers and nectar.


Description

To obtain good production, the farmers have to be able to provide the most productive flowers nearby the cultivation or they have to travel through forests, bushes, and plantations to find them. The best flowers can produce ample material for bee products. Many people like to consume honey because it is believed to give benefit for health, The Holy Koran says that the bee stomach produces some liquid that is very beneficial for human health.


Read this report text!
Volcanoes
General Classification

A volcano is a mountain which is formed by the eruption of material from the earth’s interior through a central opening or groups of openings. Volcanoes are scattered over the world. Volcanoes can be divided into three categories based on volcano forms and type of volcanic activities. They are Shield, Composite and Explosion volcanoes

Description

A shield volcano is formed chiefly of layers of basalt (a dark, heavy lava). A few shield volcanoes are composed of andesite ( a related, less dense type of lava).

Description

A composite volcano has more frequent and violent explosive eruptions than shield volcanoes do. Lava may be extruded from either central crater or fissures on a volcano’s sides.

Description

Explosion volcanoes are composed of inclined layers of pyroclastic debris and contain no lava. During the eruption, debris is ejected from the crater. Most explosion volcanoes are formed during one period of eruption


To make it clear, please remember the concept of Report text below!
REPORT

Social Function:

To describe the way things are, with reference to a range of natural, man-made and social phenomena in our environment.

Schematic Structure:

General statement/ classification: introduces the topic of the reports
Description : provide details of topic such as physical appearance, behaviour, landform and uses (typically organized in paragraph)


Notes:
1. Simple Present Tense is mostly used in the report text either in active sentences or in passive sentences.
2.The use of Relational process, such as: is, consist of, function as, derive from, to be classified into, to be identified as etc.
3.The use of special nouns that denotes the characteristics of the thing such as: features, forms, functions, species etc.
4.The use of special technical terms such as: the parts of the body (e.g: brain, vein, vascular), the parts of the tree (e.g: stem, root, leaf, branch), the parts of machine (e.g: gear, screw, bolt etc).
5.No temporal sequences are used. If there is (e.g: first, second, third, the last etc). it only indicates numbering not an event.

Sources:
Cahyono, Kristiawan Dwi and Eka Purnama.2006. Communicative Competence 2B: A course in Acquiring English Communicative Competence, For Senior High School Level, Grade XI Semester 2. Jombang: CV Karunia Agung

Sudarwati and Eudia Grace.2007. Look Ahead: An English Course for Senior High School Students Year XI, Science and Social Study Program. Jakarta: Erlangga

Jumat, 25 Maret 2011

Pelaksanaan Demokrasi Terpimpin

PELAKSANAAN DEMOKRASI TERPIMPIN
Demokrasi Terpimpin berlaku di Indonesia antara tahun 1959-1966, yaitu dari dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga Jatuhnya kekuasaan Sukarno.
Disebut Demokrasi terpimpin karena demokrasi di Indonesia saat itu mengandalkan pada kepemimpinan Presiden Sukarno.
Terpimpin pada saat pemerintahan Sukarno adalah kepemimpinan pada satu tangan saja yaitu presiden.
Tugas Demokrasi terpimpin :
Demokrasi Terpimpin harus mengembalikan keadaan politik negara yang tidak setabil sebagai warisan masa Demokrasi Parlementer/Liberal menjadi lebih mantap/stabil.
Demokrasi Terpimpin merupakan reaksi terhadap Demokrasi Parlementer/Liberal. Hal ini disebabkan karena :
* Pada masa Demokrasi parlementer, kekuasaan presiden hanya terbatas sebagai kepala negara.
* Sedangkan kekuasaan Pemerintah dilaksanakan oleh partai.
Dampaknya: Penataan kehidupan politik menyimpang dari tujuan awal, yaitu demokratisasi (menciptakan stabilitas politik yang demokratis) menjadi sentralisasi (pemusatan kekuasaan di tangan presiden).

Pelaksanaan masa Demokrasi Terpimpin :
* Kebebasan partai dibatasi
* Presiden cenderung berkuasa mutlak sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.
* Pemerintah berusaha menata kehidupan politik sesuai dengan UUD 1945.
* Dibentuk lembaga-lembaga negara antara lain MPRS,DPAS, DPRGR dan Front Nasional.

Penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan Demokrasi terpimpin dari UUD 1945 adalah sebagai berikut.
1. Kedudukan Presiden
Berdasarkan UUD 1945, kedudukan Presiden berada di bawah MPR. Akan tetapi, kenyataannya bertentangan dengan UUD 1945, sebab MPRS tunduk kepada Presiden. Presiden menentukan apa yang harus diputuskan oleh MPRS. Hal tersebut tampak dengan adanya tindakan presiden untuk mengangkat Ketua MPRS dirangkap oleh Wakil Perdana Menteri III serta pengagkatan wakil ketua MPRS yang dipilih dan dipimpin oleh partai-partai besar serta wakil ABRI yang masing-masing berkedudukan sebagai menteri yang tidak memimpin departemen.

2. Pembentukan MPRS
Presiden juga membentuk MPRS berdasarkan Penetapan Presiden No. 2 Tahun 1959. Tindakan tersebut bertentangan dengan UUD 1945 karena Berdasarkan UUD 1945 pengangkatan anggota MPRS sebagai lembaga tertinggi negara harus melalui pemilihan umum sehingga partai-partai yang terpilih oleh rakyat memiliki anggota-anggota yang duduk di MPR.
Anggota MPRS ditunjuk dan diangkat oleh Presiden dengan syarat :
Setuju kembali kepada UUD 1945, Setia kepada perjuangan Republik Indonesia, dan Setuju pada manifesto Politik.
Keanggotaan MPRS terdiri dari 61 orang anggota DPR, 94 orang utusan daerah, dan 200 orang wakil golongan.
Tugas MPRS terbatas pada menetapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

3. Pembubaran DPR dan Pembentukan DPR-GR
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hasil pemilu tahun 1955 dibubarkan karena DPR menolak RAPBN tahun 1960 yang diajukan pemerintah. Presiden selanjutnya menyatakan pembubaran DPR dan sebagai gantinya presiden membentuk Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPR-GR). Dimana semua anggotanya ditunjuk oleh presiden. Peraturan DPRGR juga ditentukan oleh presiden. Sehingga DPRGR harus mengikuti kehendak serta kebijakan pemerintah. Tindakan presiden tersebut bertentangan dengan UUD 1945 sebab berdasarkan UUD 1945 presiden tidak dapat membubarkan DPR.
Tugas DPR GR adalah sebagai berikut.
* Melaksanakan manifesto politik
* Mewujudkan amanat penderitaan rakyat
* Melaksanakan Demokrasi Terpimpin

4. Pembentukan Dewan Pertimbangan Agung Sementara
Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS) dibentuk berdasarkan Penetapan Presiden No.3 tahun 1959. Lembaga ini diketuai oleh Presiden sendiri. Keanggotaan DPAS terdiri atas satu orang wakil ketua, 12 orang wakil partai politik, 8 orang utusan daerah, dan 24 orang wakil golongan. Tugas DPAS adalah memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan mengajukan usul kepada pemerintah.
Pelaksanaannya kedudukan DPAS juga berada dibawah pemerintah/presiden sebab presiden adalah ketuanya. Hal ini disebabkan karena DPAS yang mengusulkan dengan suara bulat agar pidato presiden pada hari kemerdekaan RI 17 AGUSTUS 1959 yang berjudul ”Penemuan Kembali Revolusi Kita” yang dikenal dengan Manifesto Politik Republik Indonesia (Manipol) ditetapkan sebagai GBHN berdasarkan Penpres No.1 tahun 1960. Inti Manipol adalah USDEK (Undang-undang Dasar 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Indonesia). Sehingga lebih dikenal dengan MANIPOL USDEK.

5. Pembentukan Front Nasional
Front Nasional dibentuk berdasarkan Penetapan Presiden No.13 Tahun 1959. Front Nasional merupakan sebuah organisasi massa yang memperjuangkan cita-cita proklamasi dan cita-cita yang terkandung dalam UUD 1945. Tujuannya adalah menyatukan segala bentuk potensi nasional menjadi kekuatan untuk menyukseskan pembangunan. Front Nasional dipimpin oleh Presiden Sukarno sendiri. Tugas front nasional adalah sebagai berikut.
* Menyelesaikan Revolusi Nasional
* Melaksanakan Pembangunan
* Mengembalikan Irian Barat

6. Pembentukan Kabinet Kerja
Tanggal 9 Juli 1959, presiden membentuk kabinet Kerja. Sebagai wakil presiden diangkatlah Ir. Juanda. Hingga tahun 1964 Kabinet Kerja mengalami tiga kali perombakan (reshuffle). Program kabinet ini adalah sebagai berikut.
* Mencukupi kebutuhan sandang pangan
* Menciptakan keamanan negara
* Mengembalikan Irian Barat.

7. Keterlibatan PKI dalam Ajaran Nasakom
Perbedaan ideologi dari partai-partai yang berkembang masa demokrasi parlementer menimbulkan perbedaan pemahaman mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdampak pada terancamnya persatuan di Indonesia. Pada masa demokrasi terpimpin pemerintah mengambil langkah untuk menyamakan pemahaman mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menyampaikan ajaran NASAKOM (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Tujuannya untuk menggalang persatuan bangsa.
Bagi presiden NASAKOM merupakan cerminan paham berbagai golongan dalam masyarakat. Presiden yakin bahwa dengan menerima dan melaksanakan Nasakom maka persatuan Indonesia akan terwujud. Ajaran Nasakom mulai disebarkan pada masyarakat. Dikeluarkan ajaran Nasakom sama saja dengan upaya untuk memperkuat kedudukan Presiden sebab jika menolak Nasakom sama saja dengan menolak presiden.
Kelompok yang kritis terhadap ajaran Nasakom adalah kalangan cendekiawan dan ABRI. Upaya penyebarluasan ajaran Nasakom dimanfaatkan oleh PKI dengan mengemukakan bahwa PKI merupakan barisan terdepan pembela NASAKOM. Keterlibatan PKI tersebut menyebabkan ajaran Nasakom menyimpang dari ajaran kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengeser kedudukan Pancasila dan UUD 1945 menjadi komunis. Selain itu PKI mengambil alih kedudukan dan kekuasaan pemerintahan yang sah. PKI berhasil meyakinkan presiden bahwa Presiden Sukarno tanpa PKI akan menjadi lemah terhadap TNI.

8. Adanya ajaran RESOPIM
Tujuan adanya ajaran RESOPIM (Revolusi, Sosialisme Indonesia, dan Pimpinan Nasional) adalah untuk memperkuat kedudukan Presiden Sukarno. Ajaran Resopim diumumkan pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-16.
Inti dari ajaran ini adalah bahwa seluruh unsur kehidupan berbangsa dan bernegara harus dicapai melalui revolusi, dijiwai oleh sosialisme, dan dikendalikan oleh satu pimpinan nasional yang disebut Panglima Besar Revolusi (PBR), yaitu Presiden Sukarno.
Dampak dari sosialisasi Resopim ini maka kedudukan lembaga-lembaga tinggi dan tertinggi negara ditetapkan dibawah presiden. Hal ini terlihat dengan adanya pemberian pangkat menteri kepada pimpinan lembaga tersebut, padahal kedudukan menteri seharusnya sebagai pembantu presiden.

9. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia
TNI dan Polri disatukan menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) yang terdiri atas 4 angkatan yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, dan Angkatan Kepolisian. Masing-masing angkatan dipimpin oleh Menteri Panglima Angkatanyang kedudukannya langsung berada di bawah presiden. ABRI menjadi salah satu golongan fungsional dan kekuatan sosial politik Indonesia.

10. Pentaan Kehidupan Partai Politik
Pada masa demokrasi Parlementer, partai dapat melakukan kegiatan politik secara leluasa. Sedangkan pada masa demokrasi terpimpin, kedudukan partai dibatasi oleh penetapan presiden No. 7 tahun 1959. Partai yang tidak memenuhi syarat, misalnya jumlah anggota yang terlalu sedikit akan dibubarkan sehingga dari 28 partai yang ada hanya tinggal 11 partai.
Tindakan pemerintah ini dikenal dengan penyederhanaan kepartaian.
Pembatasan gerak-gerik partai semakin memperkuat kedudukan pemerintah terutama presiden. Kedudukan presiden yang kuat tersebut tampak dengan tindakannya untuk membubarkan 2 partai politik yang pernah berjaya masa demokrasi Parlementer yaitu Masyumi dan Partai Sosialis Indonesia (PSI). Alasan pembubaran partai tersebuat adalah karena sejumlah anggota dari kedua partai tersebut terlibat dalam pemberontakan PRRI dan Permesta. Kedua Partai tersebut resmi dibubarkan pada tanggal 17 Agustus 1960.

11. Arah Politik Luar Negeri
a. Politik Konfrontasi Nefo dan Oldefo
Terjadi penyimpangan dari politik luar negeri bebas aktif yang menjadi cenderung condong pada salah satu poros. Saat itu Indonesia memberlakukan politik konfrontasi yang lebih mengarah pada negara-negara kapitalis seperti negara Eropa Barat dan Amerika Serikat. Politik Konfrontasi tersebut dilandasi oleh pandangan tentang Nefo (New Emerging Forces) dan Oldefo (Old Established Forces)
Nefo merupakan kekuatan baru yang sedang muncul yaitu negara-negara progresif revolusioner (termasuk Indonesia dan negara-negara komunis umumnya) yang anti imperialisme dan kolonialisme.
Oldefo merupakan kekuatan lama yang telah mapan yakni negara-negara kapitalis yang neokolonialis dan imperialis (Nekolim).
Untuk mewujudkan Nefo maka dibentuk poros Jakarta-Phnom Penh-Hanoi-Peking-Pyong Yang. Dampaknya ruang gerak Indonesia di forum internasional menjadi sempit sebab hanya berpedoman ke negara-negara komunis.
b. Politik Konfrontasi Malaysia
Indonesia juga menjalankan politik konfrontasi dengan Malaysia. Hal ini disebabkan karena pemerintah tidak setuju dengan pembentukan negara federasi Malaysia yang dianggap sebagai proyek neokolonialisme Inggris yang membahayakan Indonesia dan negara-negara blok Nefo.
Dalam rangka konfrontasi tersebut Presiden mengumumkan Dwi Komando Rakyat (Dwikora) pada tanggal 3 Mei 1964, yang isinya sebagai berikut.
* Perhebat Ketahanan Revolusi Indonesia.
* Bantu perjuangan rakyat Malaysia untuk membebaskan diri dari Nekolim Inggris.
Pelaksanaan Dwikora dengan mengirimkan sukarelawan ke Malaysia Timur dan Barat menunjukkan adanya campur tanggan Indonesia pada masalah dalam negeri Malaysia.
c. Politik Mercusuar
Politik Mercusuar dijalankan oleh presiden sebab beliau menganggap bahwa Indonesia merupakan mercusuar yang dapat menerangi jalan bagi Nefo di seluruh dunia.
Untuk mewujudkannya maka diselenggarakan proyek-proyek besar dan spektakuler yang diharapkan dapat menempatkan Indonesia pada kedudukan yang terkemuka di kalangan Nefo. Proyek-proyek tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar mencapai milyaran rupiah diantaranya diselenggarakannya GANEFO (Games of the New Emerging Forces ) yang membutuhkan pembangunan kompleks Olahraga Senayan serta biaya perjalanan bagi delegasi asing.
Pada tanggal 7 Januari 1965, Indonesia keluar dari keanggotaan PBB sebab Malaysia diangkat menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.
d. Politik Gerakan Non-Blok
Gerakan Non-Blok merupakan gerakan persaudaraan negara-negara Asia-Afrika yang kehidupan politiknya tidak terpengaruh oleh Blok Barat maupun Blok Timur.
Selanjutnya gerakan ini memusatkan perjuangannya pada gerakan kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika dan mencegah perluasan Perang Dingin.
Keterlibatan Indonesia dalam GNB menunjukkan bahwa kehidupan politik Indonesia di dunia sudah cukup maju.
GNB merupakan gerakan yang bebas mendukung perdamaian dunia dan kemanusiaan. Bagi RI, GNB merupakan pancaran dan revitalisasi dari UUD1945 baik dalam skala nasional dan internasional.

Besarnya kekuasaan Presiden dalam Pelaksanaan demokrasi terpimpin tampak dengan:
a. Pengangkatan Ketua MPRS dirangkap oleh Wakil Perdana Menteri III serta pengagkatan wakil ketua MPRS yang dipilih dan dipimpin oleh partai-partai besar serta wakil ABRI yang masing-masing berkedudukan sebagai menteri yang tidak memimpin departemen.
b. Pidato presiden yang berjudul ”Penemuan Kembali Revolusi Kita” pada tanggal 17 Agustus 1959 yang dikenal dengan Manifesto Politik Republik Indonesia (Manipol) ditetapkan sebagai GBHN atas usul DPA yang bersidang tanggal 23-25 September 1959.
c. Inti Manipol adalah USDEK (Undang-undang Dasar 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Indonesia). Sehingga lebih dikenal dengan MANIPOL USDEK.
d. Pengangkatan Ir. Soekarno sebagai Pemimpin Besar Revolusi yang berarti sebagai presiden seumur hidup.
e. Pidato presiden yang berjudul ”Berdiri di atas Kaki Sendiri” sebagai pedoman revolusi dan politik luar negeri.
f. Presiden berusaha menciptakan kondisi persaingan di antara angkatan, persaingan di antara TNI dengan Parpol.
g. Presiden mengambil alih pemimpin tertinggi Angkatan Bersenjata dengan di bentuk Komandan Operasi Tertinggi (KOTI).

Dekrit Presiden

A. DEKRIT PRESIDEN
Pelaksanaan demokrasi terpimpin dimulai dengan berlakunya Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
Latar Belakang dikeluarkan dekrit Presiden :
* Undang-undang Dasar yang menjadi pelaksanaan pemerintahan negara belum berhasil dibuat sedangkan Undang-undang Dasar Sementara (UUDS 1950) dengan sistem pemerintahan demokrasi liberal dianggap tidak sesuai dengan kondisi kehidupan masyarakat Indonesia.
* Kegagalan konstituante dalam menetapkan undang-undang dasar sehingga membawa Indonesia ke jurang kehancuran sebab Indonesia tidak mempunyai pijakan hukum yang mantap.
* Situasi politik yang kacau dan semakin buruk.
* Terjadinya sejumlah pemberontakan di dalam negeri yang semakin bertambah gawat bahkan menjurus menuju gerakan sparatisme.
* Konflik antar partai politik yang mengganggu stabilitas nasional
* Banyaknya partai dalam parlemen yang saling berbeda pendapat sementara sulit sekali untuk mempertemukannya.
* Masing-masing partai politik selalu berusaha untuk menghalalkan segala cara agar tujuan partainya tercapai.

Demi menyelamatkan negara maka presiden melakukan tindakan mengeluarkan keputusan Presiden RI No. 75/1959 sebuah dekrit yang selanjutnya dikenal dengan Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
Tujuan dikeluarkan dekrit adalah untuk menyelesaikan masalah negara yang semakin tidak menentu dan untuk menyelamatkan negara.

Isi Dekrit Presiden adalah sebagai berikut.
a. Pembubaran konstituante
b. Tidak berlakunya UUDS 1950 dan berlakunya kembali UUD 1945.
c. Pembentukan MPRS dan DPAS

Reaksi dengan adanya Dekrit Presiden:
* Rakyat menyambut baik sebab mereka telah mendambakan adanya stabilitas politik yang telah goyah selama masa Liberal.
* Mahkamah Agung membenarkan dan mendukung pelaksanaan Dekrit Presiden.
* KSAD meminta kepada seluruh anggota TNI-AD untuk melaksanakan pengamanan Dekrit Presiden.
* DPR pada tanggal 22 Juli 1945 secara aklamasi menyatakan kesediaannya untuk melakanakan UUD 1945.

Dampak positif diberlakukannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959, adalah sebagai berikut.
* Menyelamatkan negara dari perpecahan dan krisis politik berkepanjangan.
* Memberikan pedoman yang jelas, yaitu UUD 1945 bagi kelangsungan negara.
* Merintis pembentukan lembaga tertinggi negara, yaitu MPRS dan lembaga tinggi negara berupa DPAS yang selama masa Demokrasi Parlemen tertertunda pembentukannya.

Dampak negatif diberlakukannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959, adalah sebagai berikut.
* Ternyata UUD 1945 tidak dilaksanakan secara murni dan konsekuen. UUD 45 yang harusnya menjadi dasar hukum konstitusional penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaannya hanya menjadi slogan-slogan kosong belaka.
* Memberi kekeuasaan yang besar pada presiden, MPR,dan lembaga tinggi negara. Hal itu terlihat pada masa Demokrasi terpimpin dan berlanjut sampai Orde Baru.
* Memberi peluang bagi militer untuk terjun dalam bidang politik. Sejak Dekrit, militer terutama Angkatan Darat menjadi kekuatan politik yang disegani. Hal itu semakin terlihat pada masa Orde Baru dan tetap terasa sampai sekarang.

Demokrasi Terpimpin

Sejarah Indonesia (1959-1966)
Demokrasi terpimpin adalah sebuah demokrasi yang sempat ada di Indonesia, yang seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpinnya saja.
Latar belakang dicetuskannya sistem demokrasi terpimpin oleh Presiden Soekarno :

1. Dari segi keamanan : Banyaknya gerakan sparatis pada masa demokrasi liberal, menyebabkan ketidak stabilan di bidang keamanan.
2. Dari segi perekonomian : Sering terjadinya pergantian kabinet pada masa demokrasi liberal menyebabkan program-program yang dirancang oleh kabinet tidak dapat dijalankan secara utuh, sehingga pembangunan ekonomi tersendat.
3. Dari segi politik : Konstituante gagal dalam menyusun UUD baru untuk menggantikan UUDS 1950

Masa Demokrasi Terpimpin yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno diawali oleh anjuran beliau agar Undang-Undang yang digunakan untuk menggantikan UUDS 1950 adalah UUD'45. Namun usulan itu menimbulkan pro dan kontra di kalangan anggota konstituante. Sebagai tindak lanjut usulannya, diadakan voting yang diikuti oleh seluruh anggota konstituante . Voting ini dilakukan dalam rangka mengatasi konflik yang timbul dari pro kontra akan usulan Presiden Soekarno tersebut.
Hasil voting menunjukan bahwa :

* 269 orang setuju untuk kembali ke UUD'45
* 119 orang tidak setuju untuk kembali ke UUD'45

Melihat dari hasil voting, usulan untuk kembali ke UUD'45 tidak dapat direalisasikan. Hal ini disebabkan oleh jumlah anggota konstituante yang menyetujui usulan tersebut tidak mencapai 2/3 bagian, seperti yang telah ditetapkan pada pasal 137 UUDS 1950.
Bertolak dari hal tersebut, Presiden Soekarno mengeluarkan sebuah dekrit yang disebut Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 :

1. Tidak berlaku kembali UUDS 1950
2. Berlakunya kembali UUD 1945
3. Dibubarkannya konstituante
4. Pembentukan MPRS dan DPAS

PKI menyambut "Demokrasi Terpimpin" Sukarno dengan hangat dan anggapan bahwa PKI mempunyai mandat untuk persekutuan Konsepsi yaitu antara nasionalisme, agama (Islam) dan komunisme yang dinamakan NASAKOM.
Antara tahun 1959 dan tahun 1965, Amerika Serikat memberikan 64 juta dollar dalam bentuk bantuan militer untuk jendral-jendral militer Indonesia. Menurut laporan di "Suara Pemuda Indonesia": Sebelum akhir tahun 1960, Amerika Serikat telah melengkapi 43 batalyon angkatan bersenjata. Tiap tahun AS melatih perwira-perwira militer sayap kanan. Di antara tahun 1956 dan 1959, lebih dari 200 perwira tingkatan tinggi telah dilatih di AS, dan ratusan perwira angkatan rendah terlatih setiap tahun. Kepala Badan untuk Pembangunan Internasional di Amerika pernah sekali mengatakan bahwa bantuan AS, tentu saja, bukan untuk mendukung Sukarno dan bahwa AS telah melatih sejumlah besar perwira-perwira angkatan bersenjata dan orang sipil yang mau membentuk kesatuan militer untuk membuat Indonesia sebuah "negara bebas".
Di tahun 1962, perebutan Irian Barat secara militer oleh Indonesia mendapat dukungan penuh dari kepemimpinan PKI, mereka juga mendukung penekanan terhadap perlawanan penduduk adat.
Era "Demokrasi Terpimpin", yaitu kolaborasi antara kepemimpinan PKI dan kaum borjuis nasional dalam menekan pergerakan-pergerakan independen kaum buruh dan petani, gagal memecahkan masalah-masalah politis dan ekonomi yang mendesak. Pendapatan ekspor menurun, cadangan devisa menurun, inflasi terus menaik dan korupsi birokrat dan militer menjadi wabah.

Hortatory Exposition

A Hortatory exposition is a type of spoken or written text that is intended to explain the listeners or readers that something should or should not happen or be done. To strengthen the explanation, the speaker or writer needs some arguments as the fundamental reasons of the given idea. In other words, this kind of text can be called as argumentation. Hortatory exposition text can be found in scientific books, journals, magazines, newspaper articles, academic speech or lectures, research report etc. Hortatory expositions are popular among science, academic community and educated people. The generic structure of Hortatory exposition usually has three components: (1) Thesis, (2) Arguments and (3) Recommendation.

A.Generic Structure of Hortatory Exposition

1. Thesis : Statement or announcement of issue concern
2. Arguments : Reasons for concern that will lead to recommendation
3. Recommendation : Statement of what should or should not happen or be done based on the given arguments

B.Generic Features of Hortatory Exposition

1.A Hortatory exposition focuses on generic human and non human participants, except for speaker or writer referring to self.
2.It uses mental processes. It is used to state what the writer or speaker thinks or feels about something. For example: realize, feel etc.
3.It often needs material processes. It is used to state what happens, e.g. ….has polluted… etc.
4.It usually uses Simple Present Tense and Present Perfect Tense.
5.Enumeration is sometimes necessary to show the list of given arguments: Firstly, secondly …, Finally, etc.


Now read this text of Hortatory Exposition!

A Campaign of the Importance of Reading

Thesis:

Reading habit is poor among Indonesians because most people haven’t realized the importance of reading

Argument 1

Reading is important to transform knowledge and technology. By reading, one knows the world. He or she will understand what he doesn’t see by himself or herself. The lines of the paragraphs in an article contain pieces of knowledge. The knowledge is needed to improve the quality of human’s life. Technology transformation from other country can only be done by reading a lot various sources of literature. Valuable books in libraries and bookstores mean nothing if they are not read.

Argument 2

Realizing the importance of reading will make someone motivated to read. When we know that something is very important because it can give us valuable information, we will try to get or do the thing. For example, a businessman who always follows latest information or news, will know what to do in his/ her business. He will make a good decision to make a transaction. Most people in all developed countries have realized the importance or reading and they have good reading habits. In bus and train stations, vehicles, waiting rooms, parks, people like reading. They enjoy reading which gives them valuable knowledge and inspiration.

Argument 3

A good understanding toward the importance of reading can be achieved by well organized and effective campaign. To plant an understanding in a generation’s minds is not an easy job. It needs a hard work from all components of the nation, especially the government. A serious campaign which is organized by the central and local government can help common people wake up and stand to face the real competition. The campaign can be done through various kinds of mass media such as TV, radio, booklets, bulletins, newspapers, magazines. It can also be conducted by teachers, parents and all people who care.

Recommendation

Therefore, a nation-wide effective campaign of the importance of reading by all components of the nation should be done, facilitated by the government, to face the tighter competition. The world has forced globalization. Those people with little knowledge will be left behind. To speed up the better change in this country, a good reading habit is really important.
Written by Cahyono KD



Read this text of Hortatory exposition!

Corruption
Thesis
(Announcement of issue concern)

Do you know what the meaning of corruption is? What is the relation between money and corruption? Well, corruption is common everywhere in the world, even in the United States. It’s just a matter of intensity. However, it is quite shocking when one reliable survey claims Jakarta as the most corrupt place in Indonesia.

Argument 1

The survey has made me sad, actually, because I stay and earn a living here in the capital. As most people know, Tanjung Priok port smuggling is not a new thing at all. Entrepreneurs who want to minimize their tax payments tend to do such a thing more often. They even bribe the officials.

Argument 2

Well, I think the measures taken so far to overcome the problem by punishing the corruptors is still not far enough. We have to prevent the younger generations from getting a bad mentality caused by corruption.

Recommendation

I believe we should start at the earliest stages in school and I think everyone should be involved in the effort to eradicate corruption. We must not make any distinction.
Adapted from: The Jakarta Post, February 2005


To make it clear, please remember the concept of Hortatory exposition below:

HORTATORY EXPOSITION

Purpose : to persuade the readers or listeners that something should or should not be the case.

Text Organization
A thesis
Arguments
Recommendation

Language Features:
•The use of emotive words (e.g. worried, alarmed etc)
•The use of words that qualify statements (e.g. usual, probably etc)
•The use of words that link arguments (e.g. firstly, However, therefore etc)
•The use of compound and complex sentence
•The use of modals and adverbs (e.g. may, must, should, etc)
•The use of subjective opinions using pronouns I and we

Sources:
Cahyono, Kristiawan Dwi and Eka Purnama.2006. Communicative Competence 2B: A course in Acquiring English Communicative Competence, For Senior High School Level, Grade XI Semester 2. Jombang: CV Karunia Agung

Sudarwati and Eudia Grace.2007. Look Ahead: An English Course for Senior High School Students Year XI, Science and Social Study Program. Jakarta: Erlangga
http://typeoftext.blogspot.com/2009/01/hortatory-exposition.html

Report

Reports are used for many purposes. They are to provide information about natural and non-natural phenomena, to document, to organize and store factual information on a topic, to classify and describe the phenomena about a whole class of things –living and non living, to describe the way things are. Reports can be used in textbooks, encyclopedias, scientific magazines, historical texts, factual reading books, reference books, classroom lesson, environment program, TV documentaries, magazines etc. a report text has its own generic structure. It has two components namely (1) general classification, (2) description.

Reports are principally not the same as descriptions although they can be used interchangeable.

A.Generic Structure of Report:

1.General Classification : tells what the phenomenon under discussion is
2.Descriptions : tells what the phenomenon under discussion is like in terms of: Parts (and their function), Qualities and Habits or behaviour

Notes:

1. Difference between reports and descriptions: Repots classify and describe a whole class of things e.g. “Houses”. By contrast, descriptive texts talk about on specific person, place or thing e.g. “My houses”. In short, reports deal with general classification and description of a thing while descriptions describe a particular thing.

2. The description can cover the facts about various aspects of the object (colour, shape, habits, behaviour etc), giving examples, comparing and contrasting, describing components and their functions.

B. Generic Features of Report

1. Report texts usually used Simple Present Tense, and seldom use past tenses (if the thing is extinct)
2. The language is neutral or should be objective: no expression of opinions, no reference to the reader (not using “I”, “we” or “you”).
3. Frequent use of “Passive Sentence”.
4. Use of “be”: is, am, are, was, were for the classification.
5. Use of verb “have”: have, has, had, in order to give detail description.
6. Use of action verbs related to the topic, especially when describing behaviours.
7. Use of adjectives in describing especially the qualities.
8. Often accompanied by photos, diagrams, maps and illustrations.


Now read this text of Report!

What is Apiculture?


General Classification

Apiculture is also called a bee-farming, the cultivation of bees on a commercial scale for the production of honey. Royal jelly and bee pollen are the other products of it. There are many species of bee. Some of them are Apis Cerana, Apis Dorsata, Apis florae and Apis Malifera. Among those species, Apis Malifera is the most productive and the easiest to be cultivated.

Description

A bee colony consists of one queen, a lot of worker bees and some drones, stingless male bees in a colony of social bees (especially honeybees) whose sole function is to mate with the queen. Each group has its specific duty. The queen, for example, only lays eggs, the drones have duty to copulate the queen, and the workers have to take care of the queen, drones and larvae. They are also responsible for seeking flowers and nectar.


Description

To obtain good production, the farmers have to be able to provide the most productive flowers nearby the cultivation or they have to travel through forests, bushes, and plantations to find them. The best flowers can produce ample material for bee products. Many people like to consume honey because it is believed to give benefit for health, The Holy Koran says that the bee stomach produces some liquid that is very beneficial for human health.


Read this report text!
Volcanoes
General Classification

A volcano is a mountain which is formed by the eruption of material from the earth’s interior through a central opening or groups of openings. Volcanoes are scattered over the world. Volcanoes can be divided into three categories based on volcano forms and type of volcanic activities. They are Shield, Composite and Explosion volcanoes

Description

A shield volcano is formed chiefly of layers of basalt (a dark, heavy lava). A few shield volcanoes are composed of andesite ( a related, less dense type of lava).

Description

A composite volcano has more frequent and violent explosive eruptions than shield volcanoes do. Lava may be extruded from either central crater or fissures on a volcano’s sides.

Description

Explosion volcanoes are composed of inclined layers of pyroclastic debris and contain no lava. During the eruption, debris is ejected from the crater. Most explosion volcanoes are formed during one period of eruption


To make it clear, please remember the concept of Report text below!
REPORT

Social Function:

To describe the way things are, with reference to a range of natural, man-made and social phenomena in our environment.

Schematic Structure:

General statement/ classification: introduces the topic of the reports
Description : provide details of topic such as physical appearance, behaviour, landform and uses (typically organized in paragraph)


Notes:
1. Simple Present Tense is mostly used in the report text either in active sentences or in passive sentences.
2.The use of Relational process, such as: is, consist of, function as, derive from, to be classified into, to be identified as etc.
3.The use of special nouns that denotes the characteristics of the thing such as: features, forms, functions, species etc.
4.The use of special technical terms such as: the parts of the body (e.g: brain, vein, vascular), the parts of the tree (e.g: stem, root, leaf, branch), the parts of machine (e.g: gear, screw, bolt etc).
5.No temporal sequences are used. If there is (e.g: first, second, third, the last etc). it only indicates numbering not an event.

Sources:
Cahyono, Kristiawan Dwi and Eka Purnama.2006. Communicative Competence 2B: A course in Acquiring English Communicative Competence, For Senior High School Level, Grade XI Semester 2. Jombang: CV Karunia Agung

Sudarwati and Eudia Grace.2007. Look Ahead: An English Course for Senior High School Students Year XI, Science and Social Study Program. Jakarta: Erlangga

Adam Makhluk Luar Angkasa

Adam Adalah Makhluk dari Luar Angkasa
g jumlahnya. Semua makhluk bersel satu ini berkembang biak dengan membelah diri dan membentuk salinan yang sama seperti diri mereka sendiri ketika pembelahan terjadi. Embrio yang berkembang dalam rahim ibu, juga memulai hidupnya sebagai makhluk bersel satu. Sel ini memperbanyak diri dengan cara membelah diri. Dalam kondisi ini, tanpa adanya perencanaan khusus, sel-sel yang akan membentuk bayi yang belum lahir ini akan memiliki bentuk yang sama. Dan apabila ini terjadi, maka yang akhirnya muncul bukanlah wujud manusia, melainkan gumpalan daging tak berbentuk. Tapi ini tidaklah terjadi, karena sel-sel tersebut membelah dan memperbanyak diri bukan tanpa pengawasan.

Sel yang Sama Membentuk Organ yang Berbeda

Sperma dan sel telur yang bertemu, kemudian bersatu membentuk sel tunggal disebut zigot. Sel ini kemudian membelah dan memperbanyak diri dan merupakan cikal bakal manusia. Beberapa minggu setelah penyatuan ini, sel-sel yang terbentuk mulai tumbuh berbeda satu sama lain, dengan mengikuti perintah rahasia yang diberikan kepada mereka. Sungguh sebuah keajaiban besar, sel-sel tanpa kecerdasan ini mulai membentuk organ dalam, rangka dan otak.
Sel-sel otak mulai terbentuk pada dua celah kecil di salah satu ujung embrio. Sel-sel otak akan berkembang biak dengan cepat di sini. Sebagai hasilnya, bayi akan memiliki sekitar sepuluh milyar sel otak.
Ketika pembentukan sel-sel otak tengah berlangsung, seratus ribu sel baru ditambahkan pada kumpulan sel ini setiap menitnya. Masing-masing sel baru yang terbentuk, berperilaku seolah-olah tahu dimana ia harus menempatkan diri dan dengan sel mana saja ia harus membuat sambungan. Setiap sel menemukan tempatnya masing-masing. Dari jumlah kemungkinan sambungan yang tak terbatas, ia mampu menyambungkan diri dengan sel yang tepat. Terdapat seratus trilyun sambungan dalam otak manusia. Agar sel-sel otak dapat membuat trilyunan sambungan ini dengan tepat, mereka harus menunjukkan kecerdasan yang jauh melebihi tingkat kecerdasan manusia. Padahal sel tidak memiliki kecerdasan sama sekali.
Tidak hanya sel otak, setiap sel yang membelah dan memperbanyak diri pada embrio, pergi dari tempat pertama kali ia terbentuk dan langsung menuju ke titik yang harus ia tempati. Setiap sel menemukan tempat yang telah ditetapkan untuknya, dan dengan sel mana pun mereka harus membentuk sambungan, mereka akan mengerjakannya.
Lalu, siapakah yang menjadikan sel-sel yang tak memiliki akal pikiran tersebut mengikuti rencana cerdas ini? Profesor Cevat Babuna, mantan dekan Fakultas Kedokteran, Ginekologi dan Kebidanan, Universitas Istanbul, Turki, berkomentar: "Bagaimana semua sel yang sama persis ini bergerak menuju tempat yang sama sekali berbeda, seolah-olah mereka secara mendadak menerima perintah dari suatu tempat, dan berusaha agar benar-benar terbentuk organ-organ yang sungguh berbeda? Hal ini jelas menunjukkan bahwa sel yang identik ini, yang tidak mengetahui apa yang akan mereka kerjakan, yang memiliki genetika dan DNA yang sama, tiba-tiba menerima perintah dari suatu tempat, sebagian dari mereka membentuk otak, sebagian membentuk hati, dan sebagian yang lain membentuk organ yang lain lagi".
Proses pembentukan dalam rahim berlangsung terus tanpa henti. Sejumlah sel yang mengalami perubahan, tiba-tiba saja mulai mengembang dan mengkerut. Setelah itu, ratusan ribu sel ini berdatangan dan kemudian saling bergabung membentuk jantung. Organ ini akan terus berdenyut seumur hidup.
Hal yang serupa terjadi pada pembentukan pembuluh darah. Sel-sel pembuluh darah bergabung satu sama lain dan membentuk sambungan di antara mereka. Bagaimana sel-sel ini tahu bahwa mereka harus membentuk pembuluh darah, dan bagaimana mereka melakukannya? Ini termasuk beragam pertanyaan yang belum dipecahkan ilmu pengetahuan.
Sel-sel pembuluh darah akhirnya berhasil membuat sistem tabung sempurna, tanpa retakan atau lubang padanya. Permukaan bagian dalam pembuluh darah ini mulus bagaikan dibuat oleh tangan ahli. Sistem pembuluh darah sempurna tersebut akan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh bayi. Jaringan pembuluh darah memiliki panjang lebih dari empat puluh ribu kilometer. Ini hampir menyamai panjang keliling bumi.
Perkembangan dalam perut ibu berlangsung tanpa henti. Pada minggu kelima, tangan dan kaki embrio mulai terlihat. Benjolan ini sebentar lagi akan menjadi lengan. Beberapa sel kemudian mulai membentuk tangan. Tetapi sebentar lagi, ribuan sel pembentuk tangan embrio tersebut akan melakukan sesuatu yang mengejutkan: melakukan bunuh diri massal.

Statistik

Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus atau diagram garis. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu-waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan diperoleh diagram garis atau grafik garis.



2. Diagram Lingkaran
Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagianbagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.


3. Diagram Batang
Diagram batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah.
Contoh soal

4. Diagram Batang Daun
Diagram batang daun dapat diajukan sebagai contoh penyebaran data. Dalam diagram batang daun, data yang terkumpul diurutkan lebih dulu dari data ukuran terkecil sampai dengan ukuran yang terbesar. Diagram ini terdiri dari dua bagian, yaitu batang dan daun. Bagian batang memuat angka puluhan dan bagian daun memuat angka satuan.
Contoh soal
Buatlah diagram batang-daun dari data berikut.
45 10 20 31 48 20 29 27 11 8
25 21 42 24 22 36 33 22 23 13
34 29 25 39 32 38 50 5

5. Diagram Kotak Garis
Data statistik yang dipakai untuk menggambarkan diagram kotak garis adalah statistik Lima Serangkai, yang terdiri dari data ekstrim (data terkecil dan data terbesar), Q1, Q2, dan Q3.

Soal-Soal Suku Banyak

SUKU BANYAK


Ø Penjumlahan, Pengukuran, Perkalian Suku Cadang

· Dua buah suku banyak dapat dijumlah atau dikurangi dengan cara menambahkan atau mengurangi suku-suku yang berderajat sama.

· Untuk mengalikan dengan cara mengalikan suku demi suku.



Ø Nilai Suku Banyak

· Suku banyak dalam x sering ditulis dalam fungsi f (x).

· Bila nilai x diganti dengan konstanta k, maka f (k) disebut nilai suku banyak.

· Untuk menentukan nilai suku banyak dapat dengan cara :

§ Substitusi langsung

§ Horner

Contoh :

Tentukan nilai dari f (x) = 2x7 + 5x6 - 5x4 + 7x3 – 5

Untuk x = - 2

Cara I → substitusi langsung

f (-2) = 2 (-2)7 + 5 (-2)6 – 5 (-2)4 + 7 (-2)3 – 5

= -256 + 320 – 80 – 56 – 5

= -77

Cara II → horner






Ø Kesamaan suku banyak

Dua bentuk aljabar yang sama untuk setiap nilai x dikatakan identik atau sama. Simbol identik : (ekuivalen).

Contoh :

Tentukan nilai p, q, r dengan persamaan berikut :

Jawab :


p + q + r = 6 …. (1)

-q – 3r = -7 … (2)

-p – 2q + 2r = -1 … (3)

(1) & (3)


(1) & (2)




Ø Pembagian suku banyak

Yang dibagi = pembagi . hasil bagi + sisa

f (x) = (x-a) . h (x) + sisa

f (a) = sisa

· Jika pembagi fungsi x pangkat n, maka sisa berpangkat paling tinggi (n-1)
Ø Teorema sisa dan faktor

Jika suku banyak f (x) berderajat dan dibagi (x – k) maka sisa s = f (k).

Contoh :

Suku banyak f (x) dibagi (x – 2) sisanya 8, jika dibagi (x + 3) sisanya 7, berapa sisa f (k) bila dibagi x2 + x – 6 ?

Jawab :

Yang dibagi = pembagi . hasil bagi + sisa

f (x) = (x – 2) . H (x) + 8

f (x) = 8

f (x) = (x + 3) . H (x) + (-7)

f (-3) = -7

f (x) = (x2 + x – 6) . H (x) + (ax + b)

f (x) = (x + 3) (x – 2) . H (x) + (ax + b)

f (-3) = a (-3) + b → -3 a + b = -7

f (-2) = a . 2 + b → 2 a + b = 8 -

- 5 a = -15

a = 3

b = 2


Ø Memfaktorkan suku banyak

Langkah-langkah :

1. Jika jumlah koefisien-koefisien suku banyak termasuk konstanta adalah 0, maka 1 merupakan akar/penyelesaian dari suku banyak tersebut.
2. Jika jumlah koefisien genap = jumlah koefisien, pangkat ganjil, maka -1 merupakan akar/penyelesaian dari suku banyak tersebut.
3. Jika langkah 1 dan 2 tidak terpenuhi, maka coba faktor dari konstantadibagi faktor koefisien pangkat tertinggi.


Ø Suku banyak berderajat 3 dan 4

· Berderajat 3

ax3 + bx2 + cx + d = 0

Þ x1 + x2 + x3 =

Þ x1x2 + x2x3 + x1x3 =

Þ x1x2x3 =

· Berderajat 4

ax4 + bx3 + cx2 + dx1 + e = 0

Þ x1 + x2 + x3 + x4 =

Þ x1x2 + x1x3 + x1x4 + x2x3 + x2x4 + x3x4 =

Þ x1x2x3 + x1x2x4 + x1x3x4 + x2x3x4 =

Þ x1 x2 x3 x4 =


A.

1. Jika f (x) dibagi (x – 2) sisanya 24, sedangkan jika f (x) dibagi dengan (2x – 3) sisanya 20. Jika f (x) dibagi dengan (x – 2) (2x – 3) sisanya adalah …


a. 8x + 8

b. 8x – 8

c. -8x + 8

d. -8x – 8

e. -8x + 6



2. Sisa pembagian suku banyk (x4 – 4x3 + 3x2 – 2x + 1) oleh (x2 – x – 2) adalah …


a. -6x + 5

b. -6x – 5

c. 6x + 5

d. 6x – 5

e. 6x – 6



3. Suatu suku banyak dibagi (x – 5) sisanya 13, sedangkan jika dibagi dengan (x – 1) sisanya 5. Suku bayank tersebut jika dibagi dengan x2 – 6x + 5 sisanya adalah …


a. x – 2

b. x + 2

c. x – 1

d. x – 3

e. x + 3



4. Diketahui (x + 1) salah satu faktor dari suku banyak f (x) = 2x4 – 2x3 + px2 – x – 2, salah satu faktor yang lain adalah …


a. x – 2

b. x + 2

c. x – 1

d. x – 3

e. x + 3



5. Jika suku banyak P (x) = 2x4 – ax3 – 3x2 – 5x + b dibagi oleh (x2 – 1) memberi sisa 6x + 5, maka a.b = …


a. -6

b. -3

c. 1

d. 6

e. 8



6. Diketahui suku banyak f (x) jika dibagi (x + 1) sisanya 8 dan dibagi (x – 3) sisanya 4. Suku banyak q (x) jika dibagi dengan (x + 1) bersisa -9 dan jika dibagi (x – 3) sisanya 15. Jika h (x) = f(x).q(x), maka sisa pembagian h (x) oleh x2 – 2x – 3 sisanya adalah …


a. –x + 7

b. 6x – 3

c. -6x – 21

d. 11x – 13

e. 33x – 39



7. Suku banyak 6x3 + 13x2 + qx + 12 mempunyai faktor (3x – 1). Faktor linier yang lain adalah …


a. 2x – 1

b. 2x + 3

c. x – 4

d. x + 4

e. x + 2



8. Suku banyak P (x) = 3x3 – 4x2 – 6x + k habis dibagi (x – 2). Sisa pembagian P (x) oleh x2 + 2x + 2 adalah …


a. 20x + 24

b. 20x – 16

c. 32x + 24

d. 8x + 24

e. -32x – 16



9. Jika f (x) = x3 – x2 + 2x – 4, maka nilai f (x) untuk x = -2 adalah …


a. -25

b. -20

c. -10

d. 10

e. 20



10. Jika 2x10 – 5x6 + 3x2 – 11 dibagi dengan x2 – 1, maka sisanya adalah …


a. -9

b. -10

c. -11

d. 9

e. 10



11. Fungsi f (x) dibagi (x + 2) sisanya -4, dan dibagi (x – 1) sisanya 5. Jika f (x) tersebut dibagi x2 + x – 2, maka sisanya adalah …


a. 2x + 3

b. 2x – 3

c. 3x + 2

d. 3x – 2

e. x + 1



12. Sisa pembagian x4 – 2x3 + x2 – 3x + 4 dibagi (x2 + x + 2) adalah …


a. x + 3

b. x + 2

c. x + 1

d. x

e. x – 1



13. Sisa pembagian 2x3 – x2 – x + p oleh (x + 1) adalah -3, untuk harga p yang memenuhi adalah …


a. -5

b. -4

c. -3

d. -1

e. 0



14. Akar-akar persamaan 2x3 – 8x2 – 6x + 1 = 0 adalah x1, x2, dan x3 maka harga x12 – x22 + x32 adalah …


a. 1

b. 8

c. 9

d. 10

e. 22



15. Persamaan 3x3 + (p+2)x2 – 16x – 12 = 0 mempunyai akar x = 2. Jumlah ketiga akar persamaan itu adalah …


a. 4

b. 3

c. 1

d. -1 ¾

e. -4



16. Tentukan sisa pembagian dari (x3 – 2x2 + 5x – 40) dibagi (x – 2) maka sisanya adalah …


a. 30

b. 20

c. 10

d. -20

e. -30



17. Jika x1, x2 dan x3­ akar persamaan dari x3 – 12x2 – 10x + 16 = 0, maka tentukan x1x2 + x1x3 + x2x3 adalah …


a. 6

b. -5

c. -8

d. 10

e. 2

Peluang

DEFINISI
Peluang suatu kejadian A sama dengan jumlah terjadinya kejadian A dibagi dengan seluruh yang mungkin.
P(A) = k / n
Dimana
k : jumlah terjadinya kejadian A
n : jumlah seluruh yang mungkin
Jika kita melakukan percobaan, maka himpunan semua hasil disebut Ruang Sampel
Contoh:
1. Percobaan melempar uang logam 3 kali.
A adalah kejadian muncul tepat dua muka berturut-turut.
Maka :
S = {mmm,mmb,mbm,mbb, bmm, bmb, bbm, bbb}
A = {mmb, bmm}
n(S) = 23 = 8
n(A) = 2
P(A) = 2/8 = 1/4
2. Percobaan melempar dadu satu kali.
A adalah kejadian muncul sisi dengan mata dadu genap.
Maka :
S = {1,2,3,4,5,6}
A = {2,4,6}
n(S) = 6
n(A) = 3
P(A) = 3/6 = 1/2
Jika peluang terjadinya A adalah P(A) dan peluang tidak terjadinya A adalah P(A) maka berlaku
_
P(A) + P(A) = 1
Contoh:
Dari setumpuk kartu Bridge yang terdiri dari 52 kartu diambil 1 kartu. Berapakah peluang kartu yang terambil bukan kartu King?
Jawab:
P (King) = 4/52 = 1/13
P bukan King = 1 - 1/13 = 12/13

Momen

Mengamati roda yang berputar, pintu yang berotasi membuka atau menutup atau permainan roda putar di pasar malam. Mengapa semua itu bisa berputar atau berotasi? Besaran yang dapat menyebabkan benda berotasi itulah yang dinamakan momen gaya atau torsi.
Momen gaya merupakan besaran yang dipengaruhi oleh gaya dan lengan. Lihat Gambar Gaya dan Lengan
Untuk memutar baut diperlukan lengan d dan gaya F. Besar momen gaya didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya yang bekerja dengan lengan yang saling tegak lurus. Bagaimana jika membutuhkan sudut tertentu? Besarnya dapat memenuhi persamaan berikut. Momen gayaMomen inersia merupakan besaran vektor. Besarnya memenuhi persamaan dan arahnya sesuai kaedah tangan kanan seperti Gambar CKaedah Tangan kananArah torsi dan rotasi
Contoh Soal Beserta Penyelesaian :
Batang AB bebas berputar di titik O. Seperti pada Gambar (a).
Panjang AB = 3 m, AO = 2 m dan OB = 1 m. Pada titik A bekerja gaya FA = 10 N dan pada titik B bekerja gaya FB = 20 N. Tentukan torsi yang bekerja pada batang dan arah putarnya.
Contoh soal momen gaya
Penyelesaian :
Untuk menentukan torsi batang AB dapat digambarkan nilai t positif atau negatif dan gaya yang
tegak lurus. Lihat Gambar (b). Maka torsi di titik O memenuhi:
τ0 = -(OA)FA + (OB) . FB sin 30O
= -2 . 10 + 1 . 20 . 1/2 = -10 Nm
τ0 bernilai negatif berarti batang AB akan berotasi searah jarum jam dengan poros di titik O.

Fungsi Invers

CARA MENENTUKAN SUATU GRAFIK MEMPUNYAI INVERS/TIDAK

1. Tarik sembarang garis sejajar sumbu x, bila memotong grafik hanya di satu titik, maka grafik tersebut mempunyai invers. Bila tidak demikian, maka grafik tersebut tidak mempunyai invers
2.
Diketahui f: R ® R
f(x) = 2x - 3

Tentukan f-1 (x) !

Jawab:

f one one onto
sehingga f mempunyai invers
misalkan y = image dari x
y = f(x)
y = 2x-3 (yang berarti x = f-1(y))
x = (y+3)/2
f-1(x) = (x+3)/2
3.
Diketahui f: A ® B
f(x) = (x - 2)/(x - 3)
dengan A = {R - {3}} dan B = {R - {-1}}
(baca: A adalah himpunan bilangan riil kecuali 33)

Tentukan f-1(x)

Jawab:

y = (x - 2)/(x - 3)
y(x - 3) = x - 2
yx - 3y = x - 2
x(y - 1) = 3y - 2
x = (3y - 2)/(y - 1) ® f-1(x) = (3x - 2)/(x - 1)


Anggap f : A ® B dan g : B ® C

Didapat fungsi baru (g o f) : A ® C
yang disebut komposisi fungsi dari f dan g
h = g o f
(g o f) (x) = g (f (x))
® yaitu dengan mengerjakan f(x) terlebih dahulu
ket : image f merupakan domain bagi g.
contoh:
1. f:A ® B; g:B ® C
(g o f)(a) = g (f(a)) = g(y) = t
(g o f)(b) = g (f(b)) = g(z) = r
(g o f)(c) = g (f(c)) = g(y) = t


2. f: R ® R ; f(x) = x²
g: R ® R ; g(x) = x + 3 R=riil

maka
(f o g)(x) = f(g(x)) = f(x+3) = (x+3)² = x² + 6x + 9
(g o f)(x) = g(f(x)) = g(x²) = x² + 3

Bila x=2, maka
(f o g)(2) = f(g(2)) = f(5) = 25
(g o f)(2) = g(f(2)) = g(4) = 7

3. Diketahui [rumus]
jika (f o g)(x) = x²
Tentukan g(x) !
jawab:
[rumus]
SIFAT
Bila f : A ® B; g : B ® C ; h : C ® D
maka
(f o g) ¹ (g o f) : tidak komutatif
(h o g) o f = h o (g o f) : asosiatif

Template by:

Free Blog Templates